Saturday, December 28, 2013

KOMPONEN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER




KOMPONEN HARDWARE DAN SOFTWARE KOMPUTER
Disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dosen Pengampu : Yoga Eska Pambudi utama, S.kom


Oleh :
                                                Yanuari Srianturi         1301412115
Rizky Diah O              1301412116


JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2013




BAB I
PENDAHULUAN
a.       Latar belakang
Seiring dengan perkembangan zaman, dunia teknologi informasi semakin berkembang. Saai ini teknologi informasi digunakan sebagai sarana mempermudah guru BK dalam menghadapi permasalahan siswa.
Akibat kemajuan teknologi informasi yang sangat pesat, kesempatan kerja berkembang dengan cepat pula sehingga para siswa memerlukan bantuan dari guru BK untuk menyesuaikan minat dan kemampuan mereka terhadap kesempatan kerja yang selalu berubah dan meluas.
Dalam dunia BK, terutama dalam lingkungan sekolah banyak permasalahan yang timbul misalnya permasalahan tentang data-data siswa yang menumpuk dan tidak terawat antara lain data pribadi siswa, data pelanggaran siswa, dan data konseling siswa. Selain data-data tersebut terkadang bisa hilang sehingga guru BK akan mengalami kesulitan dalam mencari data-data siswa tersebut.
Dengan adanya permasalahan di atas, seharusnya guru BK harus selalu mengikuti zaman teknologi agar mereka mudah mengembangkan apa yang ada untuk sekolah. Dengan ini kami akan mengkaji penggunaan hardware dan software dalam bimbingan konseling yang digunakan untuk mempermudah guru BK dalam mengontrol data-data tersebut.

b.      Rumusan masalah
1.      Apakah penegrtian hardware dan software secara umum ?
2.      Bagaimana manfaat hardware dan software dalam bimbingan konseling ?

c.       Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian software dan hardware secara umum
2.      Untuk mengetahui manfaat software dan hardware dalam bimbingan konseling









BAB II
PEMBAHASAN
A.  Pengertian hardware
Merupakan perangkat keras/perangkat fisik dari komputer. Perangkat ini terdiri dari perangkat tertentu dan mempunyai tugas tertentu dalam membangun sebuah sistem kerja komputer. Ciri-ciri dari hardware adalah terlihat/nampak fisiknya berupa barang, sehingga bisa dipegang.
Hardware/Perangkat keras adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh, pegang dan memiliki fungsi tertentu. Secara fisik ada wujudnya. Ada bentuknya.Perangkat Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1.        Perangkat masukan (Input device)
Input Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer.
·           Peralatan Input
Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung.
-          Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dimasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device, scanner, voice recognizer.
-          •Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form ( bentuk dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari: keytocard, keytotape, keytodisk, dsb
Alat-alatnya adalah :
·          Keyboard
·          Pointing Device
·          Mouse
·          Touch screen
·          Digitizer Grapich Tablet
·          Scanner
·          Microphone

2.        perangkat keluaran (Output device)
Output Device adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Alatnya antara lain adalah :
·   Monitor
·   Printer
·   Speaker
3.    Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
Macam-macam perangkat keras (hardware):
1.      CPU (Central Processing Unit)
Merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2.      Monitor
Merupakan alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses dalam CPU.
3.      Keyboardkey
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
4.      Mouse
Mouse merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau mengedit data.
5.      Printer
Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.
6.      CD ROM
Alat tambahan (alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data atau program melalui sistem optik. 
7.      Compact Disk (CD)
Media penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik. 
8.      Floppy Disk
Floppy disk merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi. 
9.      Hardddisk
Harddisk merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem operasi yang permanen.
10.  Scanner
Scanner merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan dengan bentuk data yang berupa teks.
11.  USB Flasdiks
Flasdisk merupakan tempat penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang besar dan beragam selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk membawanya kemana-mana, hadirnya flasdisk telah menggantikan floppy disk yang dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang portable, kapasitas minimum flashdis adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40 Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang kapasitasnya bisa mencapai 1 tera bite (1000 Gb).
B.  Pengertian software
Sedangkan Software / perangkat lunak,  adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah. Software secara fisik tidak ada wujudnya. Maka tidak bisa kita sentuh, tidak bisa kita pegang namun kita dapat menjalankannya dalam sebuah sistem operasi dan Yang hanya bisa kita pegang hanya media penyimpannya saja, seperti disket,CD, dsb. Perangkat lunak memiliki fungsi tertentu juga, dan biasanya untuk mengaktifkan perangkat keras. Bisa juga dikatakan perangkat lunak bekerja di dalam perangkat keras.
Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
a.             Operating System
Sistem operasi atau operating system ialah Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputerPerangkat lunak yang dihubungkan dengan pelaksanaan program dan koordinasi dari aktivitas sistem komputer. Ada beberapa macam system operasi diantaranya adalah :
·         Linux
·         Windows
·         Mac OS
Tugas sistem operasi termasuk (tetapi tidak hanya) mengurus penjalanan program di atasnya, koordinasi Input, Output, pemrosesan, memori, serta penginstalan dan pembuangan software.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

b.             Application Program
Yaitu program komputer yang siap digunakan atau disebut juga program siap pakai. Program paket digunakan untuk aplikasi bisnis secara umum, aplikasi khusus dibidang industri, aplikasi untuk meningkatkan produktifitas organisasi ayau perusahaan dan aplikasi untuk produktifitas perorangan.
Contoh :
o   ·Microsoft Word
o    Microsoft Excel
o    CorelDraw X4
o   Dll

c.              Language Program
Language Program atau bahasa pemrograman adalah bahasa yang digunakan oleh manusia untuk berkomunikasi dengan komputer, karena komputer memiliki bahasa sendiri maka komputer tidak akan merespon selain menggunakan bahasa
Pemrograman, seperti :Bahasa komputer yang digunakan untuk menulis instruksi-instruksi program untuk melakukan suatu pekerjaan yang dilakukan oleh programer,
seperti :
o   Visual basic
o   Turbo pascal
o   Delphi
C.  PENGGUNAAN HARDWARE DALAM BK
Perangkat hardware yang digunakan dalam layanan bimbingan konseling meliputi
1.      OHP
Gambar-gambar yang disajikan melalui program power point tidak statis seperti yang terdapat pada Over Head Projector (OHP). Konselor dapat memasukkan gambar-gambar yang bergerak, bahkan konselor bisa melakukan insert gambar-gambar yang ada di sebuah film.
2.      VCD
Media lain yang dapat dipergunakan dalam proses bimbingan dan konseling di kelas antara lain adalah VCD/DVD player. Peralatan ini seringkali dipergunakan oleh konselor untuk menunjukkan perilaku-perilaku tertentu. Perilaku-perilaku yang tampak pada tayangan tersebut dipergunakan oleh konselor untuk merubah perilaku klien yang tidak diinginkan (Alssid & Hitchinson, 1977; Ivey, 1971, dalam Baggerly 2002). Dalam proses pendidikan konselor pun, penggunaan video modeling ini juga dipergunakan untuk meningkatkan keterampilan dan prinsip konseling yang akan dikembangkan bagi calon konselor (Koch & Dollarhide, 2000, dalam Baggerly, 2002).
Sebelum VCD/DVD player ini ditayangkan, seorang konselor sebaiknya memberikan arahan terlebih dahulu kepada siswa tentang alasan ditayangkannya sebuah film. Hal ini sangat penting, sebab dengan memiliki gambaran dan tujuan film tersebut ditayangkan, maka siswa akan memiliki kerangka berpikir yang sama. Setelah film selesai ditayangkan, maka konselor meminta siswa untuk memberikan tanggapan terhadap apa yang telah mereka lihat. Tanggapan-tanggapan ini pada akhirnya akan mempengaruhi bagaimana klien berpikir dan bersikap, yang kemudian diharapkan akan dapat merubah perilaku klien atau siswa.
3.      Flashdisk
Perangkat output dari pada komputer untuk digunakan dalam hal menyimpan dat.file,dokumen penting dan lain sebagainya.gunanya untuk menyimpan data atau file penting yang berhubungan dengan layanan atau program-program dalam bimbingan konseling.
4.      Printer
Priter merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa teks maupun gambar/grafik.gunanya untuk mencetak bahan ajar untuk layanan konseling seperti instrumen-instrumen ketika akan mengadakan wawancara atau observasi .
D.  PENGGUNAAN SOFTWARE DALAM BK
Peran Teknologi Informasi dalam Bimbingan Konseling, khususnya pemanfaatan sotware Bimbingan Konseling, semakin hari semakin berkembang dan bervariasi. Berkembang karena produk software Bk yang lama senantiasa di update menyesuaikan kebutuhan dan perkembangan ilmu Bimbingan Konseling terkini. Bervariasi karena Konselor Sekolah dapat memilih software yang berbeda untuk untuk pengadministrasian data yang sama. Dengan pilihan yang bervariasi ini diharapkan semakin memudahkan kerja Konselor Sekolah dalam pengadministrasian  Layanan BK dan analisis data siswa, sehingga dapat di ditindak lanjuti dalam bentuk layanan-layanan Bk kepada seluruh siswa asuh. Harapannya semua siswa dapat terlayani sehingga menjadi siswa yang mandiri, mengenal diri dan lingkungannya serta sejahtera secara fisik dan psikologis.
Software yang digunakan dalam layanan bk :
1.      Sim BK

software ini diciptakan oleh Yanto Naim Semua guru-guru di Sekolah pasti menginginkan perkembangan kejiwaan anak didiknya mulai dari Perilaku sampai dengan Prestasi Akademik meningkat. Perkembangan anak dapat dilihat dengan adanya tata kelolah administrasi kesiswaan yang baik. Mulai dari pencatatan manual yang dibukukan sampai penggunaan Software IT. mungkin software ini merupakan salah satu solusi buat anda dalam menangani administrasi kesiswaan anda khususnya dalam merekam jejak siswa di sekolah

Software BK ini memiliki layanan :

1. Login/Logout

2. Tambah User

3. Backup Database

4. Restore Database

5. Aplikasi Tambahan

6. Setting

7. Formulir Data Siswa

8. Petunjuk Penggunaan Software

9. Entry Data Profil Sekolah

10. Entry Data Pribadi Siswa

(Data Pribadi Siswa, Data Orang Tua / Wali, Data Saudara, Data Teman Akrab, Data Beasiswa, Data Jarak Ke sekolah, Media Internet). Anda dapat memasukkan fhoto siswa.

11. Entry Pokok Masalah Siswa

12. Entry Sub Pokok Masalah Siswa

13. Entry Data Tugas Siswa dari Guru Mata Pelajaran

14. Entry Data point pelanggaran

15. Entry Masalah yang dilakukan siswa dan Laporannya

16. Entry Data Kunjungan Rumah dan Laporannya

17. Entry Data Cek Tugas Siswa dan Laporannya

(Untuk menginput Data Tugas yang telah diselesaikan oleh siswa dan diberikan point penilaian)

18. Entry Data Intelegensi yang dimiliki siswa dan laporannya

19. Entry Data Ketidakhadiran Siswa dan laporan rekapitulasi ketidakhadiran

(untuk menginput data siswa yang sering Ijin, alpa, sakit dan diberikan dispensasi kehadiran)

New : Ketambahan Keterangan ketidakhadiran “Bolos” dan Grafik KetidakHadiran Serta Laporan ketidakhadiran. Grafik ketidakhadiran dapat disimpan dalam bentuk file gambar .jpg

20. Entry Data Undangan/Panggilan siswa dan Kartu Panggilannya

21. Entry Data konsultasi siswa

22. Entry Data Alih Tangan / Peralihan penanganan masalah siswa

23. Entry Data Pelanggaran yang dilakukan siswa

24. Laporan Detail Pelanggaran, Konsultasi, Undangan/Panggilan dan Kunjungan Per siswa

25. Laporan Monitoring Ketidakhadiran Siswa (Detail Ketidakhadiran dan Rekapitulasi Ketidakhadiran)

26. Laporan Detail Siswa Per Tahun Pelajaran yang terdiri dari :
·         Laporan berdasarkan kelas
·         Laporan berdasarkan jurusan
·         Laporan berdasarkan asal sekolah
·         Laporan berdasarkan orang tua / wali
·         Laporan berdasarkan media facebook
·         Export data siswa per tahun pelajaran berdasarkan kelas ke Microsoft excel 2003/2007

27. Import Data pribadi siswa dari Microsoft excel 2007
2.      e-sosiometri
Software Bimbingan Konseling lainnya adalah E-Sosiometri, hasil karya dari mas Eko Susanto. Keunggulan E-Sosiometri ini adalah hanya dengan memasukkan data dari hasil pilihan jawaban siswa, kita langsung bisa mengetahui analisisnya baik dalam bentuk individu dan kelompok, serta grafik-grafiknya
3.      microsoft office
dapat dipergunakan pula software seperti microsoft power point. Software ini dapat membantu konselor dalam menyambaikan bahan bimbingan secara lebih interaktif. Konselor dituntut untuk dapat menyajikan bahan layanan dengan mempergunakan imajinasinya agar bahan layanannya tidak membosankan.
Program software power point memberikan kesempatan bagi konselor untuk memberikan sentuhan-sentuhan seni dalam bahan layanan informasi. Melalui program ini, yang ditayangkan tidak saja berupa tulisan-tulisan yang mungkin sangat membosankan, tetapi dapat juga ditampilkan gambar-gambar dan suara-suara yang menarik yang tersedia dalam program power point. Melalui fasilitas ini, konselor dapat pula memasukkan gambar-gambar di luar fasilitas power point, sehingga sasaran yang akan dicapai menjadi lebih optimal.
4.      alat bantu DCM
DCM adalah daftar yang berisi pernyataan-pernyataan yang merupakan masalah yang di asumsiskan biasa dialami oleh individu dalam tingkat perkembanagan tertentu. DCM digunakan untuk mengungkap masalah-masalh yang dialami oleh individu-individu dengan merangsang atau memancing individu untuk pengutaraan masalah yang pernah atau sedang dialami.
Fungsi dari DCM :
1.      untuk memudahkan individu mengemukaakan masalah yang pernah atau sedang dihadapi
2.      untuk mensistemasi jenis masalah yang ada pada individu agar memudahkan analisa dan sintesa dengan data yang diperoleh dengan cara/alat lain
3.      untuk menyusun program pelayanan konseling agar sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan siswa
5.      ELIZA
Eliza : Sebuah program perangkat lunak yang ditulis oleh Joseph Weizenbaum di 1960 untuk meniru komunikasi seorang terapis. Ini adalah contoh pertama dari komputer-dimediasi interaksi menggunakan bentuk yang sangat sederhana dari psikoterapi.
Pentingnya ELIZA dan Parry untuk konseling Online terletak pada teks berbasis alam, interaktif komunikasi antara manusia dan komputer. Para peneliti menemukan bahwa individu tidak hanya bisa berkomunikasi dengan program komputer dan merasa seolah-olah mereka terlibat dalam percakapan, tetapi juga bahwa mereka melakukannya dengan mudah dan tanpa penguatan. Beberapa ini program diilustrasikan manfaat sosial pertama untuk komputer dan menunjukkan bahwa orang bersedia terlibat dalam komunikasi berbasis teks untuk tujuan terapeutik. program simulasi tradisional peran individu dalam hubungan psikoterapi kedua. Pengguna yang diuji lebih sering berkomunikasi dalam program interaksi dengan manusia yang lebih penting, individu mudah
menerima gagasan baru untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran mereka ke layar komputer, yang dilaporkan Weizenbaum (KM Colby, pribadi komunikasi, April 1999). Hal ini kemudian penerimaan akan mudah meletakkan dasar bagi kelompok dukungan secara online, akhirnya, konseling secara online itu sendiri. Konseling online: Sebuah Perspektif Historis 53.





















Daftar Pustaka
diunduh tanggal 5 november 2013 pukul 12.00
diunduh tanggal 13 november 2013 pukul 12.00
diunduh tanggal 5 november 2013

0 comments:

Post a Comment

 

guidance and counseling Copyright © 2009 Girlymagz is Designed by Bie Girl Vector by Ipietoon